Home » Archive

Articles in the artikel Category

artikel »

[6 Jun 2014 | No Comment | ]
Mengenang Bagus Dwi

Mengenang Bagus Dwi (06-06-06/06-06-14)
Yang hilang saat Tragedi long boat di laut Arafuru Papua bersama team Jejak Petualang.
Kisah lengkapnya di web @jepecom: http://jejakpetualang.org/jp/?p=551

 
Pic oleh:Dody Djohanjaya (Founder Jejak Petualang)

artikel »

[17 Apr 2014 | No Comment | ]
Perancangan Alat Bantu Pengayaan (Enrichment) Untuk Owa Jawa Di Pusat Rehabilitasi Primata Jawa

* Semangat Pagi JPERS !
Tulisan kali ini mungkin sedikit berbeda dari tulisan  yang sebelumnya… klo yang sebelumnya mungkin lebih ke kegiatan alam bebas.. sekarang agak serius dikit ga apa2 yah.
Tulisan ini sebenarnya merupakan penelitian yang pernah saya lakukan di kampus, dan pernah juga diseminarkan di seminar internasional yang diadain ITS di Surabaya tahun 2013 serta diseminarkan di Bandung Techno Park – Komplek Pendidikan Telkom Kabupaten Bandung saat acara earth hour maret 2014 kemarin.
Owa Jawa sebagai salah satu hewan endemik pulau Jawa dan merupakan hewan yang terancam punah mempunyai fungsi sebagai …

artikel, event »

[7 Jan 2014 | No Comment | ]
JPers Charity 2014 “Yang Tua Yang Bekerja”

Mencari Mbah Ahmad ternyata tidak semudah yang saya bayangkan dan rencanakan sebelumnya. Berjalan dalam langkah kaki pelan tertatih, dengan tubuh yang sudah membungkuk termakan usia. Dan masih harus mendorong gerobak berisi asinan buah, yang merupakan barang dagangannya yang masih utuh jika pagi hari saya mendahulinya untuk berangkat berkerja. Dari Mampang Prapatan gang 11 hingga gang 2 beberapa hari ini harus saya putari hanya untuk bertemu dengan beliau.
Siapa sih mbah Ahmad itu?
Mbah Ahmad tinggal di Buncit 3, adalah seorang yang masih bekerja di masa tuanya. Dimana seharusnya dia sedang bercengkrama dengan …

artikel »

[4 Jan 2014 | No Comment | ]
[ JPers Jatim ] Penghijauan Lereng Arjuno Bersama Indrialoka Otsuka

 

Lawang, 28-29 Desember 2013.

Kegiatan rutin tahunan dalam bentuk penghijauan lereng Gunung Arjuna, yg digagas Indrialoka Otsuka Indonesia. Berbeda dengan tahun lalu yang kegiatan hanya sehari saja, kali ini berlangsung 2 hari, 28-29 desember 2013. Karena tidak hanya menanam tapi juga merawat tanaman yang sudah ditanam setahun kemarin. Start dari PT. Otsuka Lawang, tim berangkat menuju lokasi pertama, dekat lapangan warga dan membantu menanam tanaman diskitar lapangan. Setelah itu tim naik ke lereng arjuna, bersama kawan-kawan pengiat alam. Setiap tim menanam kurang lebih 30 tanaman baru dan menyiangi ilalang disekitar bibit …

artikel »

[11 Dec 2013 | No Comment | ]
International Mountain Day

Gelora Bung Karno, 11-12-13
 
Baru saja pulang dari kumpul-kumpul @jepecom yang diadakan secara mendadak oleh Riri, Moderator Jepecom. Dihadiri oleh sekitar 10 pasukan lu lagi lu lagi kali ini kami menyempatkan hadir dalam sebuah acara sederhana untuk ikut berpartisipasi memperingati Hari Gunung Sedunia. Hmm, ternyata ada ya yang menggagas hari gunung sedunia. Pada tahun 2003, PBB lah yang menetapkan tanggal 11 Desember sebagai International Mountain Day, karena PBB sebagai wakil masyarakat dunia sadar akan arti penting Gunung dalam kehidupan seluruh penghuni bumi ini.
“Hari Gunung itu bukan untuk dirayakan, tapi untuk ditaati.” …

artikel »

[3 Dec 2013 | No Comment | ]
@jepecom di 10 th HAT

Minggu, 1 Desember 2013
 
Minggu kemarin @jepecom mendapatkan udangan dari Honda Adventure Team yang mengadakan syukuran ulang tahunnya yang ke 10. Anggota Organisasi ini adalah dari Karyawan PT Astra Honda Motor. Komunitas ini dikenal dengan singkatan HAT sudah dibentuk sejak 18 Agustus 2003 di Gunung Salak. “10 tahun adalah waktu yang pendek bagi sebuah komunitas besar dan bisa waktu yang cukup panjang bagi sebuah komunitas kecil,” kata Andri Kurniawan yang merupakan ketua HAT. Dikesempatan itu Andri membuka acara Ultah ke 10 HAT dengan sambutan singkatnya mengharapkan HAT terus berkembang menjadi salah …

artikel, on media »

[6 Aug 2013 | No Comment | ]
Jepecom, kebersamaan yang tidak pernah luntur.

by Dody Johanjaya
Semalam, tepatnya 28 Juli 2013 saya ikutan acara buka bersama bareng komunitas Jejak Petualang atau Jepecom di Gedung Diklat RRI di Jalan Radio Dalam, Jakarta Pusat.
Saya disambut beberapa jpers yang saya kenal, karena orang lama, moderator dan beberapa lagi ngeh mukanya namun lupa nama, maaf, dan yang lainnya adalah wajah-wajah baru yang baru saya liat malam itu.

Wajah-wajah lama, yang saya ingat dan selalu setia hadir di acara jepecom seperti Hero, Diana, Rara, Boim, Nanda, Ori, Ocep, Timin dan lainnya, masih juga wara wiri, hebat.
Sayang saya gak liat tante dan …